Kamis, 29 November 2018

8 Cara Menarik Pelanggan Ke Toko Anda

8 CARA MENARIK PELANGGAN KE TOKO ANDA


Bagaimana cara paling efektif untuk menarik minat pelanggan agar berkunjung ke toko?
Pada era digital saat ini, persaingan bisnis ritel kian hari semakin ketat. Banyak orang yang lebih memilih untuk melakukan transaksi pembelian melalui aplikasi e-commerce. 
Banyak orang yang berpendapat bahwa berbelanja secara online melalui desktop dan smartphone terasa jauh lebih cepat, mudah, dan praktis daripada harus datang langsung ke toko. 
Namun, beberapa konsumen kurang percaya dengan kualitas di toko online, sehingga mereka cenderung lebih tertarik untuk meneliti terlebih dahulu produk yang mereka inginkan sebelum membelinya. Hal ini tak menutup kemungkinan bahwa bisnis ritel masih dapat berkembang di era digital ini.
Hasil gambar untuk online vs fisik

Cara Menarik Pelanggan ke Toko Anda

Bagaimana cara paling efektif untuk menarik minat pelanggan agar berkunjung ke toko Anda di era digital saat ini? Simak beberapa tips berikut ini!

1. Buat Toko Anda Mendorong Rasa Penasaran bagi Pengunjung

Anda dapat menarik perhatian pengunjung dengan menghias toko Anda agar terlihat dekoratif.  Anda dapat memulainya dengan mengubah wallpaper dari dinding toko dan menambah berbagai hiasan dengan tema yang sesuai dengan konsep toko. Hal ini akan mendorong rasa penasaran pengunjung untuk segera masuk ke toko Anda dan melihat-lihat berbagai produk yang Anda jual.
Hasil gambar untuk dekorasi dinding toko

2. Bersahabatlah dengan Pengunjung Toko Anda

Berikan sambutan terhangat kepada setiap pengunjung saat mereka memasuki toko Anda, perlakukan mereka seperti teman dekat atau bahkan keluarga Anda sendiri. Hal ini akan membuat pengunjung toko Anda nyaman dan merasa dihargai saat berada di dalam toko Anda. Hal ini secara tidak langsung juga akan membuat mereka memandang positif terhadap toko Anda. Bahkan, Anda pun dapat mencontoh pelayanan beberapa merek besar saat menyambut pengunjung berbelanja yang tak segan untuk menawarkan air, jus, dan snack.  Pelayanan seperti ini akan membuat pelanggan merasa sangat nyaman dan betah untuk menghabiskan waktu yang cukup lama di toko Anda.
Anda dapat membangun sebuah hubungan yang baik agar mereka dapat mempercayai Anda, layaknya mereka mempercayai teman mereka sendiri.
Hasil gambar untuk karyawan toko yang ramah

3. Buat Database bagi Pengunjung Setia Anda

Setelah melakukan transaksi, jangan segera mengakhirinya. Anda dapat memberikan pelanggan Anda banyak informasi tambahan mengenai toko Anda atau merek produk yang Anda tawarkan. Selain itu, Anda juga dapat menawarkan rekomendasi berbagai produk lainnya yang mungkin dibutuhkan oleh pengunjung tersebut.
Demi kepuasan pengunjung, Anda pun perlu untuk memahami berbagai kebutuhan dari pengunjung tersebut, seperti merk, tipe, hingga model produk yang mereka gemari.  Jika mereka berkenan, Anda pun dapat menawarkan mereka sebuah program loyalitas atau program membership bagi toko Anda yang tersedia pada aplikasi kasir.
Dengan adanya program tersebut, Anda dapat mengetahui jumlah pelanggan setia Anda, sekaligus memberikan informasi penawaran menarik dari database tersebut.
Hasil gambar untuk MEMBERSHIP CARD

4. Adakan Acara Menarik bagi Pelanggan Setia Anda

Jika anda merilis produk baru, Anda dapat mengadakan acara menarik untuk memperkenalkan produk Anda.
Selain mempromosikan website, Anda juga dapat mengumpulkan database pengunjung yang akan menjadi pelanggan setia melalui acara ini.
Anda pun dapat mengadakan acara dengan berbagai penawaran promosi, sekaligus undian berhadiah menarik bagi setiap pelanggan setia.
Hasil gambar untuk acara undian berhadiah

5. Promosikan Toko Anda melalui Media Online

Promosi dari mulut ke mulut adalah salah satu cara sukses terbaik untuk meningkatkan perkembangan bisnis Anda, baik secara langsung maupun melalui media sosial.
Beberapa media sosial yang dapat digunakan untuk mempromosikan toko Anda, diantaranya Instagram, Facebook, Twitter, dan sebagainya.
Saat pelanggan merasa senang melakukan kunjungan ke toko Anda, mereka pun berpotensi untuk berbagi pengalaman mereka dengan orang lain melalui media sosial mereka.
Hal ini pastinya akan membuka peluang besar bagi Anda untuk mendapatkan banyak pelanggan baru.
Beberapa hasil dari riset pemasaran membuktikan bahwa keberadaan media sosial saat ini cukup kuat, bahkan bisa menjangkau ribuan pelanggan dengan sangat mudah dan cepat.
Hasil gambar untuk PROMOSI LEWAT MEDSOS

6. Berikan Pelatihan kepada Karyawan Anda Secara Rutin

Perlu diingat bahwa karyawan Anda merupakan bagian dari tim yang mencerminkan citra dari toko Anda agar sesuai dengan harapan. Setiap pelanggan akan mengingat segala hal setelah berkunjung ke toko Anda, termasuk pelayanan karyawan di toko Anda. Anda perlu untuk memberikan pelatihan kepada karyawan Anda secara lengkap, mulai dari cara menyapa pengunjung, cara menerbitkan faktur pembayaran, keunggulan produk, cara menjelaskan program membership, dan sebagainya.
Dengan memberikan informasi lengkap tentang sebuah produk, pelanggan yang membeli produk tersebut sekaligus dapat memahami nilai lebih yang baru saja mereka investasikan. Semakin karyawan Anda mengetahui tentang keunggulan dari berbagai produk di toko tempat mereka bekerja, semakin banyak pula pengetahuan yang dapat mereka bagikan kepada pelanggan. Jangan lupa pula untuk memperhatikan kesejahteraan karyawan Anda, sehingga mereka melayani para pelanggan yang mampir ke toko Anda dengan senang hati.
Anda pun dapat meminta pelanggan Anda untuk memberikan feedback sebagai indikator penilaian dari karyawan Anda. Selain itu, Anda juga dapat memberikan bonus tambahan kepada karyawan teladan sebagai motivasi agar mereka dapat memaksimalkan hasil kerja mereka.
Hasil gambar untuk PELATIHAN KARYAWAN TOKO

7. Adakan Penawaran Promosi Diskon Menggiurkan

Awali dengan menghubungi setiap kontak pelanggan Anda melalui informasi dari database yang Anda kumpulkan untuk menginformasikan mereka mengenai penawaran promosi diskon yang akan berlangsung. Anda dapat menggunakan warna merah untuk meng-highlight informasi promosi diskon yang Anda tawarkan agar dapat menarik perhatian dan terlihat menggiurkan bagi pelanggan.
Selain itu, Anda pun dapat menggunakan kalimat “Stock Terbatas” atau “Beli, Sebelum Kehabisan!” sebagai kalimat sugesti agar pelanggan Anda tertarik untuk segera melakukan transaksi pembelian.  

Hasil gambar untuk discount

8. Jaga Reputasi Toko Anda

Memiliki toko dengan reputasi baik dapat memancing setiap pengunjung untuk berlangganan di toko Anda. Di era digital saat ini, feedback dari pengunjung dapat tersebar luas dengan mudah. Anda dapat meminta testimoni dari beberapa pelanggan yang telah berbelanja di toko Anda dengan membagikan hadiah atau potongan harga saat mereka telah menulis ulasan mengenai toko. Anda pun harus dapat menangani berbagai pendapat negatif secara professional untuk menghindari kemungkinan terjadinya penurunan angka penjualan.
Hasil gambar untuk reputasi
Sekian rekomendasi kami mengenai beberapa cara yang dapat dicoba untuk menarik pelanggan untuk berkunjung ke toko Anda.
Diantara 8 rekomendasi tersebut, cara manakah yang menurut Anda paling efektif?

BACA JUGA : 

LOKASI STRATEGIS UNTUK MENDIRIKAN MINIMARKET / SUPERMARKET

Tidak ada komentar:

Posting Komentar